Krui,

KABUPATEN PESISIR BARAT SALURKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI BAHAN BAKAR MINYAK (BLT BBM)

Krui, 13 September 2022

Kepala Dinas Kominfotik & Persandian Suryadi,S.IP.,MM menginformasikan bahwa Pemerintah mengambil kebijakan pemberian BLT BBM sebagai dampak penyesuaian harga BBM. Bantuan ini diberikan sebagai upaya pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat, dengan harapan dengan adanya BLT maka masyarakat dapat memiliki pegangan uang belanja sehingga dapat membantu menggerakkan roda perekonomian.

Diinformasikan sesuai dengan harapan Bapak bupati bahwa Dinas Sosial sedang berkoordinasi ke Kantor Pos KC Kotabumi dan KCU Bandar Lampung agar menambah lokasi penyaluran di 2 titik yaitu wilayah Wayharu dan Pulau Pisang. Mengingat lokasi tempat penyaluran PT Pos jauh dari jangkauan KPM di wilayah tersebut. 

Penyaluran dikantor pos Krui dan dikantor pos ngambur tersebut di hadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Audi Marpi,S.Pd.,MM. Kepala Dinas Sosial Agus Triadi,S.Sos.,MM, Kapolsek Pesisir Tengah Kompol Zaini Dahlan, kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Antoni Wijaya,S.IP, Babinkamtibmas Polsek Bangkunat, dan Masyarakat Penerima Manfaat.

Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Audi Marpi, S.Pd., MM. Menjelaskan adapun mekanisme penyaluran BLT BBM ini dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Bantuan akan diberikan untuk empat (4) bulan yaitu bulan September, Oktober, November dan Desember tahun 2022, dengan nilai sejumlah Rp. 150.000 (lima ratus ribu) per KPM/bulan, sehingga total bantuan sebesar Rp 600.000 (enam ratus ribu rupiah) per KPM. Untuk waktu penyaluran dilaksanakan dalam 2 (dua) kali penyaluran, tahap pertama dibagikan pada bulan September sebesar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) per KPM kemudian dilanjutkan pada tahap kedua dengan nilai yang sama yang direncanakan akan dibagikan pada bulan Desember 2022.

Penyaluran BLT BBM tahap pertama di bulan September ini juga bersamaan dengan penyaluran Bansos Program Sembako bulan September 2022 secara Tunai sebesar Rp.200.000 (dua ratus ribu rupiah). Sehingga total Bansos yang akan diterima per KPM pada tahap pertama ini sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) yang akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia Cabang Krui dan Ngambur. Adapun Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT BBM di Kabupaten Pesisir Barat pada Tahap I ini berjumlah 17.055 KPM.

Audi Marpi juga menginformasikan bahwa Penyaluranya dengan cara KPM datang langsung ke pos penyalur karena akan dilakukan pengambilan gambar untuk memverifikasi identitas KPM yang terhubung langsung ke server. Adapun syarat bagi KPM yang akan mengambil BLT BBM dan Bansos Sembako Periode September ini dengan menunjukkan E-KTP dan KK asli, surat pemberitahuan barcode, dan akan dilakukan pencocokan KTP/KK dengan daftar penerima bantuan.

Dinas Sosial sudah menginformasikan terkait penyaluran bantuan ini melalui camat masing-masing wilayahnya pada 07 September lalu untuk diteruskan ke pekon /kelurahan se-Pesisir Barat. Sehingga diharapkan semua mengetahui perihal penyaluran ini baik tingkat Kabupaten,kecamatan sampai ke tingkat pemerintahan pekon untuk bersama-sama melakukan pengawasan supaya penyaluran bantuan ini sesuai yang diharapkan.

INFO REDAKSI