Krui,

KABUPATEN PESISIR BARAT MENGIKUTI VIDCON LOMBA INOVASI DAERAH MENYAMBUT THE NEW NORMAL COVID-19,
Jum'at 29 mei 2020.

Plt. Kepala Dinas KOMINFO Kabupaten Pesisir Barat Drs. Miswandi Hasan, M.Si menginformasikan bahwa acara vidcon ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI) Tito Karnavian serta didukung oleh Menteri Keuangan (MENKEU) Sri mulyani, Menteri Pariwisata (MENPAREKRAF) Wisnu Tama, Ditjen Menteri Kesehatan, dan perwakilan dari Gugus tugas Nasional serta di ikuti oleh perwakilan daerah seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutanya Mendagri menghimbau bahwa saat ini dunia sedang berjuang untuk melawan pandemi tak terkecuali bangsa indonesia, dan saat ini pemerintah pusat dan daerah terus bersinergi untuk menyambut rencana The New Normal yang akan segera diberlakukan.

Untuk itu Mendagri Tito Karnavian membuat program untuk langkah-langkah refrentif untuk pemulihan daerah khususnya daerah yang paling merasakan dampak covid-19 melalui kompetisi Lomba Kreasi Daerah yang dikemas dalam video pendek yang menggambarkan tatanan kehidupan normal yang baru dengan selalu mengutamakan protokol kesehatan.

Dengan sistem penilaian sebagai berikut :
a. Kesesuain Protokol dengan pencegahan covid-19
b. Aplikatif dan mudah untuk diterapkan
c. Strong idea ataupun terobosan baru yang sangat Refrentif
d. Kerjasama/kolaborasi

Pada kesempatan yang sama Menkeu Sri Mulyani dalam sambutannya ingin masyarakat kembali produktif dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan sesuai yang telah diberlakukan agar tetap aman dari resiko penularan Covid-19.
Inilah yang harus bersama-sama dari pusat sampai daerah lakukan agar pertumbuhan ekonomi indonesia kembali pulih, mengingat sektor pariwisata dan perdagangan yang sangat besar terkena dampaknya sehingga perlu langkah-langkah desain untuk memulihkan kembali sektor-sektor riil negara kita dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp. 5 Triliun Rupiah, dan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk padat karya sebesar Rp.9,1 Triliun Rupiah sudah disiapkan Kementerian Keuangan untuk mendorong masyarakat agar berinovasi dan berkreatifitas pasca Lock Down covid-19, ini juga bertujuan untuk pemulihan kembali prekonomian dengan tetap mengutamakan aspek kesehatan.

Terkait lomba inovasi daerah dimaksud diatas dijelaskan bahwa akan diberikan sebagai berikut :
Kategori juara
a. Juara 1 : 3 m
b. Juara 2 : 2 m
c. Juara 3 : 1 m

Selanjutnya Ditjen menkes menyampaikan bahwa sesuai himbauan Presiden RI bahwa kita harus mulai berdamai dengan Covid 19 ini dalam artian kita mulai beraktifitas normal dengan tatanan baru.
Kemenkes siap bekerja sama dengan kementerian lainya untuk mewujudkan lomba inovasi daerah agar masyarakat termotivasi untuk memulai gaya hidup baru yang sehat, kreatif dan inovatif.