Krui,

PERESMIAN PENGOPERASIAN BTS (MENARA TELEKOMUNIKASI) DI WAY HARU, SIRING HADING, DAN BANDAR DALAM

Komitmen yang tinggi untuk melaksanakan pembangunan yang merata dalam berbagai aspek terus dilakukan oleh Dr Drs H Agus Istiqlal SH MH Bupati Pesisir Barat.

Kurun waktu 4 (empat) tahun kepemimpinannya, telah banyak keberhasilan yang telah dicapai, salah satunya dalam hal penyediaan sarana telekomunikasi informasi dengan diresmikannya pengoperasian 3 (tiga) site BTS (menara telekomunikasi) yang dipusatkan di Pekon Bandar Dalam Kecamatan Bangkunat pada Selasa 14 Januari 2020.

Wilayah Kabupaten Pesisir Barat yang termasuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) berdasarkan Perpres Nomor 131 Tahun 2015 memang sangat memerlukan perhatian khusus dalam melakukan percepatan atau bahkan lompatan-lompatan dalam hal pembangunan infrastruktur. Hal ini selaras dengan gerak langkah pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dalam hal upaya koordinasi dengan Pemerintah Pusat.

Dalam kesempatan acara peresmian BTS diatas, Plt Kadis Kominfo Pesisir Barat Tedi Zadmiko SKM SH MM menjelaskan bahwa acara tersebut diatas juga dihadiri oleh Guntoro Prayudhi selaku Direktur Lastmile BAKTI Kementerian KOMINFO RI beserta jajarannya, Adinda Putri Pramanik selaku Government Relation PT XL AXIATA beserta jajarannya, Pimpinan dan anggota DPRD Pesisir Barat, Forkopimda, Para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Kelompok Nelayan dan masyarakat sekitar.

Dijelaskan juga oleh Kadis Kominfo bahwa, pembangunan Base Tranceiver Stasiun (BTS) dengan kekuatan signal 4G ini merupakan program Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Republik Indonesia melalui program kewajiban pelayanan universal/universal service obligation (KPU/USO) "Indonesia Merdeka Signal 2020".

Kabupaten Pesisir Barat Alhamdulillah berkat koordinasi yang baik antara BAKTI dan Pemkab Pesisir Barat, pada bulan Desember 2019 telah selesai dibangunkan 3 site BTS yaitu di Pekon Way Haru, Pekon Siring Gading, dan Pekon Bandar Dalam. Sehingga pada saat ini masyarakat dari 4 (empat) Pekon disekitar telah dapat menikmati layanan telekomunikasi dengan kualitas layanan 4G dari PT XL Axiata selaku provider yg ditunjuk oleh pemerintah pusat.

Dalam sambutannya, Bupati Pesisir Barat mengucapkan rasa syukurnya karena keinginannya agar warganya dapat menikmati layanan telekomunikasi telah terwujud. Beliau juga menyampaikan terimakasih atas dukungan BAKTI KOMINFO dalam mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat "Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama".

Empat Pekon yaitu Way Haru, Siring Gading, Way Tias dan Bandar Dalam yang selama ini terisolir khususnya dalam hal berkomunikasi, berkat dibangunkan nya BTS ini telah memiliki akses komunikasi yg sama dengan masyarkat lainnya. Agus Istiqlal sebagai Bupati Pesisir Barat tentu berpesan kepada masyarakatnya agar bijak dan cerdas dalam menggunakan sarana telekomunikasi khususnya dalam penggunaan aplikasi media sosial, jangan sampai dengan terbukanya akses komunikasi ini disalahgunakan untuk menebar ujaran kebencian, hoax dll.

Dalam kesempatan acara peresmian diatas juga diselenggarakan sosialisasi dan launching program dari PT XL AXIATA antara lain
1.Laut Nusantara
2.SIsternet
3.Gerakan Donasi Kuota.

Diberikan juga bantuan handphone kepada kelompok nelayan dan router untuk SMA N 2 Bengkunat Belimbing.
Untuk masyarakat sekitar, PT XL AXIATA juga membagikan secara gratis sebanyak 900 buah kartu perdana XL dan Axis.