Krui,

Deklarasi Damai 

Pemilihan Peratin Serentak

Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021

Krui, 22 Juli 2021

Deklarasi damai dilaksanakan di GSG selalaw, pada hari Kamis 22/07/21. Sebanyak 6 Pekon yang ada di 3 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat.

6 Pekon yang akan melaksanakan Pemilihan Peratin antaranya Pekon Pada Haga Kec Lemong, Pekon Pasar Pulau Pisang, Pekon Suka Dana, Pekon Suka Marga Kec Pulau Pisang, Pekon Batu Raja dan Pekon Balam dari Kecamatan Pesisir Utara. 

Hadir pada Deklarasi Damai Tersebut DPRD Kab. Pesisir Barat, Forkopimda Lambar-Pesibar, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana di lingkungan Pemkab pesisir barat. Camat, Serta calon Peratin, dan Para tamu undangan.                        

Dalam sambutannya Bupati Dr Drs Agus Istiqlal, SH.,MH menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten pesisir barat mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang sudah berkenan hadir pada acara ini, semoga acara kita berjalan lancar tanpa kendala. dan tak lupa juga terima kasih saya sampaikan kepada panitia penyelenggara, yang telah dengan semangat menyelenggarakan deklarasi damai pemilihan peratin serentak kabupaten pesisir barat ini.

Deklarasi damai pilratin serentak di kabupaten pesisir barat pada tahun 2021 ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif dalam keseluruhan proses pilratin serentak di daerah ini. deklarasi damai ini bertujuan untuk memastikan terciptanya situasi yang aman dan damai dalam keseluruhan proses pelaksanaan pemilihan peratin secara serentak pada tahun 2021.

Bupati juga meminta kepada setiap calon peratin untuk dapat menyampaikan rumusan visi dan misi yang diharapkan dapat menjawab berbagai persoalan riil yang dihadapi oleh masyarakat pekon. visi dan misi calon peratin yang akan disampaikan harus menggambarkan berbagai program prioritas yang akan dilaksanakan, seperti program air bersih, rumah layak huni, atau juga drainase. semua calon yang maju dalam pilratin harus memiliki niat yang sama untuk memutus mata rantai penularan covid-19. pandemi belum usai, tetap tegakkan protokol kesehatan dalam masa kampanye ini.

Bupati berharap agar hubungan kekerabatan yang berbasis pada nilai-nilai adat, tetap dijaga dalam keseluruhan proses pilratin serentak kali ini. hal ini diantaranya dapat ditunjukkan dengan sikap saling menghargai satu dengan yang lain. 

“saya percaya, ibu/bapak yang maju sebagai calon peratin adalah putra putri terbaik di pekon, sehingga saya minta agar jadilah teladan di pekon kita masing-masing. kalau ada yang kalah jangan sampai mengumpulkan massa untuk membuat keributan tetaplah lapang dada, dan yang menang agar dapat merangkul mereka yang kalah untuk nantinya dapat bekerjasama dalam pelaksanaan pelayanan pemerintahan di pekon masing-masing,"Pungkasnya.