Krui,
Menu

Bupati Pesisir Barat menghadiri kegiatan Rehabilitasi Sosial Penyandang disabilitas di Kabupaten Pesisir Barat pada Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK)Bupati Pesisir Barat menghadiri kegiatan Rehabilitasi Sosial Penyandang disabilitas di Kabupaten Pesisir Barat pada Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK), pada hari Selasa 9 Juli 2019.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko,SKM.,MM menginformasikan hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung yang diwakili oleh Sekretaris Dinas M.Risko Irawan, S.ST.,M.SI, Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Barat, Camat, Peratin dan Warga Pekon Negeri Ratu Ngambur serta penerima bantuan alat bantu untuk disabilitas.

Pada sambutan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung yang diwakili oleh Sekretaris menjelaskan bahwa Unit Pelayanan Sosial Keliling  merupakan sarana pelayanan sosial yang bergerak untuk menjangkau lokasi Penyandang Disabilitas atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya sampai ketingkat desa/Kelurahan agar dapat memperoleh pelayanan dan rehabilitasi sosial sesuai dengan permasalahan yang dihadapinya dan mencarikan solusi terbaik melalui layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang disabilitas atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya. 

UPSK bagi penyandang disablitas dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan dan memperluas jangkuan pemberian pelayanan sosial secara lebih merata serta adil kepada para Penyandang Disabilitas.

Sedangkan pada sambutan Bupati Pesisir Barat menyampaikan bahwa kegiatan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas merupakan suatu proses untuk meningkatkan fungsisosial penyandang disabilitas secara optimal dan membantu proses integrasi sosial penyandang disabilitas di masyarakat. Kegiatan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas dirancang untuk menghasilkan upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat yang dapat menjangkau seluruh penyandang disabilitas yang mengalami masalah sosial, sehingga mereka dapat setara berada dalam lingkungan yang kondusif.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat sendiri berharap dengan adanya Unit Pelayanan Sosial Keliling ini dapat meningkatkan serta memperluas jangkauan kesejahteraan sosial penyandang disabilitas sehingga lebih adil dan merata. kegiatan upsk ini juga terdiri dari penyebaran informasi, deteksi dini kecacatan, konsultasi kesehatan, pemberian pelatihan intensif. selain itu juga mendorong dan memotivasi semua unsur masyarakat, disiplin ilmu, dan instansi-instansi terkait agar berperan aktif dalam penanganan disabilitas. kemudian kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam pengentasan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas yang dilakukan sedini mungkin.