Krui,

Bupati Pesisir Barat DR.Drs. Agus Istiqlal, SH.,MH di Dampingi Sekretaris Daerah Ir.N Lingga Kesuma.M.P menghadiri Acara Penyerahan Secara Simbolis Pembagian Alat Telekomunikasi (Handy Talky) Di OR Cukuh Tangkil, Kamis 05 Maret 2020.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Tedi Zadmiko, SKM., SH.,MM menginformasikan Tujuan Penyedian Sarana dan Prasarana Telekomunikasi Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat adalah sebagai Sarana Komunikasi dua arah yang dapat Menghubungkan seluruh Wilayah se-Kabupaten Pesisir Barat sehingga memungkinkan untuk bertukar data dan Informasi Secara Cepat dan Akurat. Direncanakan peralatan tersebut akan diserahkan kepada seluruh Peratin dan Lurah se-Kabupaten Pesisir Barat, Camat, Seluruh OPD, Serta Pejabat NON OPD.

Penyedian Sarana dan Prasarana Telekomunikasi telah dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2019 sedangkan Penyerahan Alat Telkomunikasi hasil Pengadaan yang dimaksud di Selenggarakan Pada Hari ini Tanggal 5 Maret 2020 di OR Cukuh Tangkil Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Barat.

Kegiatan Penyerahan Alat Telekomunikasi Radio TOTAL 180 Handy Talky. dihadiri Oleh Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten, Para Kepala OPD Pesisir Barat, Ketua dan para pengurus RAPI pesisir Barat, Camat dan Peratin se-Kabupaten Pesisir Barat, serta rekan-rekan insan pers Pesisir Barat

Selanjutnya dalam sambutan Bupati Pesisir Barat DR. Drs. Agus Istiqlal, SH.,MH disampaikannya bahwa
pembagian HT ini bertujuan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga koordinasi antar instansi. meski era komunikasi sekarang sudah canggih, namun penggunaan radio Handy Talky (HT) sebagai sarana komunikasi masih tetap diperlukan karena memiliki beberapa keunggulan, seperti penyampaian berita tidak tertulis lebih cepat kepada penerima, memudahkan koordinasi antar instansi, informasi pimpinan yang langsung broadcast, sehingga mudah dimengerti oleh kedua belah pihak yang berkomunikasi.

Selain itu, dalam kondisi darurat seperti bencana alam, search and rescue di gunung, pesisir pantai serta kondisi darurat lainnya. alat ini berperan sangat penting, misalnya ketika sedang terjadi bencana alam, di mana jalur komunikasi public seperti telepon dan seluler terputus untuk beberapa waktu, kondisi seperti demikian HT masih bisa berfungsi dengan baik. serta jangkauan dari HT ini dapat menjangkau seluruh kecamatan di kabupaten pesisir barat, karena sudah tersedia menara memancar sinyal radio HT nya diempat titik yaitu di Kec Pesisir Utara, Kec Pesisir Tengah, Kec Ngaras, dan Kec Bangkunat.