Krui,

Bupati Pesisir Barat Menghadiri Acara Pelantikan IKAFAH Universitas Saburai sekaligus Menjadi Narasumber Seminar Bersama dengan Tema "Peran Pemerintah Daerah dalam membangun Budaya Hukum Di Masyarakat".

Gedung Dokumentasi Universitas Sang bumi Rua Jurai Bandar Lampung, Sabtu 07 Maret 2020

Diinformasikan bahwa dalam acara Pelantikan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum (IKAFAH) Universitas Saburai turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat Ir.N.Lingga Kusuma, Kabag Hukum, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Saburai Drs Subki Elyas Harun, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Saburai Dr Indra Bangsawan MM, Rektor Universitas Saburai yang diwakili oleh Wakil Rektor I bidang akademik Nelson SE MM, Dekan Fakultas Hukum Universitas Saburai Dr Lina Maulidina SH MH dan beberapa pejabat dari OPD Kab Pesisir Barat serta Gubernur dan pengurus BEM FH Univ Saburai.

Dalam acara tersebut diatas, juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Universitas Saburai dengan Pemda Pesisir barat terkait kerjasama Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ketua IKAFAH Universitas Saburai Tedi Zadmiko, SKM., SH., MM, menegaskan pihaknya akan berkomitmen untuk mewujudkan Ikafah sebagai organisasi yang sinergis, positif, dan partisipatif, sehingga mampu membawa nama baik Fakultas Hukum Universitas Saburai. 


Untuk mewujudkan visi dimaksud, Ketua Ikafah Menyampaikan juga membawa tiga misi kedepan adalah Pertama, membangun Ikafah yang solid, profesional dan mandiri. Kedua, menjaga dan meningkatkan kerjasama Ikafah dengan civitas akademik Fakultas Hukum Universitas Saburai. Dan ketiga, meningkatkan citra Ikafah dengan mengoptimalkan sosial media.


Selanjutnya, Ketua Ikafah juga merincikan program kerja diawal kepimpinannya kedepan yaitu berupaya memastikan adanya Sekretariat Ikafah, berupaya menggelar secara rutin setiap tahun reuni para alumni, dan segera membangun database center Ikafah.

Diawal pemaparan materinya, Bupati Pesisir Barat Dr.Drs Agus Istiqlal SH.,MH Menyampaikan Ucapan Selamat atas Dilantiknya Tedi Zadmiko, SKM., SH., MM, sebagai Ketua IKAFAH Universitas Saburai, semoga dapatmenjalankan tugas dengan amanah dan
penuh tanggungjawab dalam melanjutkan program IKAFAH yang menyentuh pada kepentingan masyarakat. Sehingga
kedepannya IKAFAH Universitas Saburai dapat lebih maju dan menjadi organisasi yang bermanfaat, serta dapat
memberikan kontribusi penting dalam
mendukung kemajuan dan mewujudkan
kabupaten Pesisir Barat menjadi lebih
Baik.
selanjutnya, Bupati juga menyampaikan Indonesia sebagai negara hukum dan demokrasi dalam pengimplementasian demokrasi sendiri adapembagian kekuasaan baik secara vertikal kepada lembaga-lembaga tinggi negara seperti eksekutif, Legislatif dan Yudikatif namun juga ada pembagian kekuasaan secara horizontal kepada lembaga-lembaga di Daerah baik Provinsi maupun Kota dan kabupaten.

Kedua lembaga tersebut lebih dikenal dengan sebutan Pemerintah Daerah.Salah satu upaya mencipatakan masyarakat sadar hukum, pemerintah daerah Pesisir Barat sesuai dengan Permenkumham PHN.HN.03.05 73 Tahun 2008 telah membentuk desa atau kelurahan sadar hukum yang merupakan Desa atau Kelurahan yang telah dibina Pemerintah Daerah serta memenuhi kriteria sebagai Desa sadar hukum dan Kelurahan sadar hukum sesuai dengan ketetapan BupatiPesisir Barat Nomor B/193/KTPS/03/HK-PSB/2020 tentang Penetapan Desa Sadar Hukum di Kabupaten Pesisir Barat.