Krui,

Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Agus Istiqlal SH.,MH. Memimpin Langsung Upacara HUT Gerakan Pramuka Ke-59 Tahun 2020 Tingkat Kwartir Cabang Pesisir Barat.

Krui. Senin, 14 September 2020

Diinformasikan turut hadir dalam upacara tersebut Unsur Forkopimda Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Kepala OPD, Camat, Kwarcab, Ketua Harian Kwarcab, Jajaran Pengurus Kwartir Cabang Pramuka beserta segenap Pembina, Anggota Pramuka, dan Peserta Upacara.

Bupati Kabupaten Pesisir Barat selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pesisir Barat, dalam sambutannya menyampaikan semoga peringatan hari pramuka kali ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.

Bangsa kita saat ini mengalami bencana global berupa pandemic covid-19. Bencana ini membuat berbagai aktifitas nyaris berhenti, baik dibidang perekonomian maupun kehidupan bermasyarakat. Namun demikian tidak lantas membuat kita semua berkecil hati dan patah semangat. Semua aktifitas yang biasa kita lakukan, saat ini sudah mulai dapat kita lakukan walaupun dalam kondisi terbatas, dengan adaptasi kebiasaan baru yang umum kita dengar dengan sebutan Era New Normal.

Peringatan hari pramuka ke-59 mengangkat Tema "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara" Merupakan cerminan seluruh aktifitas dan kegiatan gerakan pramuka sebagai perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana covid-19 yang masih melanda bangsa kita.

Gerakan pramuka turut ambil bagian dalam penanggulangan bencana ini dimulai dari hal-hal kecil bagi pramuka itu sendiri, seperti menjaga kebersihan diri, menggunakan masker bila keluar rumah, menjaga jarak dikeramaian, dan lain-lain. Selain itu, gerakan pramuka juga turut melaksanakan kegiatan bakti sosial penanggulangan covid-19 berupa, pembagian masker dan handsanitizer, serta bantuan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pada kesimpulannya, bencana pandemi covid-19 ini adalah bencana bagi kita semua. Oleh karenanya, penanggulangannya adalah menjadi tanggungjawab kita bersama. Bukan hanya tugas pemerintah, namun juga menjadi tugas bagi setiap anggota masyarakat untuk bersama-sama agar penyebaran wabah covid-19 ini segera berakhir.

Pada kesempatan apel besar hari pramuka tingkat kwartir cabang ini, saya sampaikan selamat, terima kasih dan penghargaan yang tinggi, atas jasa-jasa, pengabdian, dan kerjasama kakak-kakak yang telah menerima penghargaan gerakan pramuka, semoga penghargaan yang telah diberikan dapat memacu untuk dapat lebih membantu gerakan pramuka dalam mencapai tujuannya.