Krui,

Bupati pesisir barat DR. Drs. Agus istiqlal, S.H., M.H membuka acara sekaligus menyerahkan piagam penganugerahan kebudayaan indonesia tahun 2020 kepada mursi (Mamak laok) pada bidang tradisi Hahiwang bertempat di ruang rapat batu gughi sekretariat daerah pesisir barat.

Senin, 21 Desember 2020

Turut hadir pada acara tersebut arifin kepala kelompok kerja apresiasi budaya kementrian pendidikan dan kebidayaan, kepala dinas pendidikan, Kadis kominfo,perwakilan saibatin 16 marga, mursi/mamak laok (penerima penghargaan).

Dalam sambutannya arifin sebagai kepala kelompok kerja apresiasi budaya kementrian pendidikan dan kebidayaan menyampaikan sangat bersyukur karna bisa mengikuti acara yg bersejarah di pesisir barat ini yang berupa penyerahan kebudayaan indonesia 2020 kepada seniman hahiwang pesisir barat bapak mursi atau biasa di sebut mamak laok,
atas usulan dinas pendidikan dan kebudayaan pesisir barat yg kemudian di apresiasi kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia,
Suatu kebanggaan atas usulan pemerintah disdikbud dengan melampirkan syarat2, dengan kriteria dokumen yg lolos di serahkan dengan tim penilai, dari 111 peserta yg terpilih hanya 8 yg lolos dan salah satu nya mamak laok pungkasnya.

Selanjutnya Dalam sambutannya bupati pesisir barat DR. Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH mengatakan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Selanjutnya, penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dari negara kepada seluruh warganya, terutama para pegiat seni, adat istiadat, dan kebudayaan.

Anugerah Kebudayaan Indonesia kata Bupati, penghargaan yang diberikan Kemendikbud untuk individu, komunitas, lembaga, dan pemda yang telah berdedikasi untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. 

Di akhir acara bupati menyematkan Pin penghargaan sekaligus piagam penghargaan kepada mamak laok, selanjutnya bupati juga mengapresiasi dengan memberi bantuan sebesar Rp. 100.000.000