Krui,

Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal., SH., MH Menghadiri Pelantikan Pengurus DPD KNPI Kabupaten Pesisir Barat Periode 2020-2023.

GSG Labuhan Jukung, Rabu 30 Juni 2021

Diinformasikan hadir dalam acara tersebut diatas Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H., Forkopimda Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Ketua DPD KNPI Prov. Lampung dan Pesisir Barat, Ketua OKP Se-Kabupaten Pesisir Barat serta seluruh tamu undangan.

Wakil Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung Wawansyah melantik Pengurus DPD KNIP Kabupaten Pesisir Barat, Ketua Apt. Nopiyansyah, S.Si,. M.Farm dan 19 Wakil Ketua, Sekretaris Hartoni Br, S.Pd., M.Pd dan 19 Wakil Sekretaris, Bendahara Arip Mulyadi, S.H dan 19 Wakil Bendahara.

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal., SH., MH menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan selamat atas dilantiknya saudara-saudari sebagai dewan pengurus daerah KNPI Kabupaten Pesisir Barat periode 2021-2023. Bupati Pesisir Barat berharap saudara-saudari mempunyai komitmen yang sama untuk memajukan organisasi ini ke arah yang lebih baik serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan. dalam konteks pembangunan daerah, peranan pemuda/KNPI haruslah dioptimalkan menyongsong kemajuan kabupaten pesisir barat yang kita cintai ini.

Deklarasi pemuda indonesia, 23 juli 1973, merupakan landasan kelahirannya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), muncul dari sebuah kesadaran akan tanggung jawab pemuda indonesia dalam mengerahkan segenap upaya dan kemampuan untuk menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Deklarasi pemuda bertujuan menindaklanjuti isi pesan suci sumpah pemuda yang telah menggariskan kebutuhan keberhimpunan, dengan mengejawantahkan satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa, dan ikut mengisi kemerdekaan. Tanggal 23 juli dijadikan tanggal hari peringatan lahirnya KNPI, dan KNPI secara kelembagaan sebagai forum komunikasi pemuda, wadah kaderisasi dan partisipasi pemuda indonesia dibakukan dalam kongres KNPI tahun 1974.

Momentum pelantikan DPD KNPI Kabupaten Pesisir Barat harus menjadi sebuah wahana kontemplasi kepemudaan dalam menantang arus perubahan yang menjanjikan harapan sekaligus tantangan bagi kaula muda. Pada ranah pemuda, DPD KNPI Pesisir Barat harus mampu mengkonsolidasikan tugas dan peran pemuda kepada seluruh organisasi kepemudaan (OKP) yang ada di Kabupaten Pesisir Barat karena mengingat bahwa KNPI merupakan induk daripada seluruh Organisasi Kepemudaan (OKP). selain daripada itu, KNPI harus menjadi pelopor garda terdepan dalam upaya memutus rantai penularan pandemi covid-19 yang tak kunjung selesai bahkan hari ini kita saksikan lonjakan klaster pasca lebaran, yang terpapar di negara kita khususnya di Kabupaten Pesisir Barat cukup tinggi sehingga kita pada posisi zona orange.
oleh karena itu, melalui wadah organisasi KNPI ini mari kita sama-sama mengedukasi, menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi himbauan dari pemerintah serta menjalankan protokol kesehatan dengan ketat agar penyebaran covid-19 segera terhenti.

Diakhir sambutannya, Bupati berpesan agar simpul-simpul pemuda tetaplah eksis dengan nalar dan jiwa kritisnya, tetapi bagaimana kemudian meletakkan kritik-kritik tersebut dalam koridor etika kepemudaan dan dalam bingkai ke imanan sesuai selogan Kabupaten Pesisir Barat “Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama” dan berpesan agar nantinya program kerja DPD KNPI Kabupaten Pesisir Barat hendaknya dapat menyentuh langsung kepentingan pemuda dan masyarakat. Pemerintah daerah akan mensuport serta memperhatikan program-program kerja DPD KNPI Kabupaten Pesisir Barat dalam rangka mengaktualisasikan peran kepemudaan dalam pembangunan.