Krui,

Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat mengikuti Vidio Converence (Vidcon) dalam rangka Sosialisasi Kartu Petani Berjaya. Kamis, 30 April 2020.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Barat Drs. Miswandi Hasan, M.Si. menginformasikan bahwa kegiatan tersebut di pimpin oleh Assisten II bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung Ir. Taufik Hidayat, MM., M.Ep , diikuti Bupati/Walikota se- Lampung, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat, beberapa Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutannya Asisten II bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung Ir. Taufik Hidayat, MM.,M.Ep. menyampaikan bahwa Program Kartu Petani Berjaya ini adalah program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kejayaan, hasil yang lebih melimpah dan juga membantu petani dalam memasarkan hasil panen.


Program kartu petani berjaya akan dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung secara bertahap Dengan berbagai program antara lain Pendirstribusian pupuk subsidi, Penyediaan benih padi, Jaminan irigasi dan jadwal panen.

Untuk itu kepada seluruh Bupati/Walikota se Provinsi Lampung diharapkan agar dapat membentuk tim koordinasi diwilayahnya masing-masing dan melakukan pendampingan serta melaksanakan sosialisasi di Kabupaten/Kota.

Ketua Tim Program Kartu Petani Berjaya, prof. M. Yusuf Barusman menyampaikan
Pergub No 9 tahun 2020 tentang Kartu Petani Berjaya yaitu suatu program yang menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dengan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian.

Dengan mengacu pada beberapa Aturan antara lain yaitu :
- Sistem berjalan dengan sebagaimana biasanya
- Tidak menggunakan. dana APBN dan APBD (bukan project)
- Sistem berbasis keanggotaan
- Sistem memiliki data yang di dapat melalui praktik lapangan yang akan berubah secara terus-menerus.
- Perlunya komitmen kebersamaan

Sedangkan ukuran Kinerja Keberhasilan antara lain yakni :
- Peningkatan produksi dan produktivitas
- Efesien Usaha Tani
- Peningkatan keuntungan usaha tani
- Peningkatan Nilai tukar petani ( NTP).