Krui -

BUPATI AGUS ISTIQLAL SERAHKAN BANTUAN ALSINTAN KE 28 POKTAN SE-PESIBAR

PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menyerahkan secara simbolis bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) gerakan antisipasi kerawanan pangan Tahun 2024 berupa mesin pompa air kepada 28 Kelompok Tani (Poktan) se-Pesibar, di Gudang Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) di Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (6/5/2024).

Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif, S.H., Pj. Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd., para asisten, Kepala DKPP, Unzir, S.P., dan perwakilan 28 poktan se-Pesibar.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Agus Istiqlal mengatakan bahwa pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan menjadi priorotas utama pemerintah. Kedaulatan pangan sendiri dapat dikatakan berhasil jika memenuhi parameter yaitu terpenuhinya kebutuhan pangan hasil produksi dalam negeri, kebijakan pangan dapat diatur secara mandiri, dan petani sebagai pelaku utama usaha pertanian terlindungi dan kesejahteraannya terjamin.

"Di Tahun 2024, pemerintah kembali melakukan Upaya Khusus (Upsus) dan berbagai langkah strategi dalam penanggulangan dampak el nino (kekeringan) Tahun 2023 yang mengakibatkan penurunan produksi padi di Indonesia. Berbagai program kegiatan untuk meningkatkan kembali produksi padi seperti penyediaan alsintan berupa pompa air dalam mengatasi kekeringan tersebut," ungkap Bupati Agus Istiqlal.

Menurut Bupati Agus Istiqlal, masyarakat Pesibar khususnya petani harus berperan aktif mensukseskan upsus dalam rangka pencapaian produksi komoditas padi. Seluruh jajaran di Pemkab Pesibar terutama yang menangani bidang pertanian untuk juga dapat mensukseskan upsus dalam rangka pencapaian produksi komoditas padi. "Tentu dengan dukungan stakeholder terkait, pencapaian produksi komoditas pertanian di Pesibar dapat terwujud," kata Bupati Agus Istiqlal.

Lebih lanjut Bupati Agus Istiqlal menerangkan, untuk mendukung gerakan percepatan tanam dan Perluasan Areal Tanam (PAT) padi, Pemkab Pesibar melalui DKPP telah memberikan berbagai macam progam bantuan diantaranya adalah penyaluran bantuan alsintan berupa pompa air kepada poktan, dimana semua penerima bantuan sebelumnya telah melalui proses verifikasi secara administrasi maupun secara teknis di lapangan. "Saya minta agar DKPP dan seluruh elemen yang terkait untuk terus memantau dan mengevaluasi bantuan ini agar dapat dimanfaatkan secara optimal," pinta Bupati Agus Istiqlal.

Bupati Agus Istiqlal menandaskan, bantuan yang telah disalurkan oleh Pemkab Pesibar tersebut, bertujuan untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan petani di Pesibar. "Diharapkan kedepannya petani di Pesibar mampu membantu bangsa Indonesia dalam mewujudkan pencapaian produksi komoditas padi," tukas Bupati Agus Istiqlal.