Krui -

AWAL MINGGU INI DINKES GELAR BIMTEK DAN PEMBINAAN TERPADU NAKES DI PUSKESMAS LEMONG

PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pembinaan Terpadu terhadap seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas masih terus dilangsungkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Kali ini Dinkes Pesibar menghelat kegiatan tersebut di UPTD Dinkes Puskesmas Lemong, Senin (5/2/2024).

Bimtek dan pembinaan nakes tersebut dihadiri langsung Pj. Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Plt. Kepala Dinkes, Suryadi, S.IP., M.M., Kepala Puskesmas Lemong, dan jajaran Dinkes Pesibar.

Pj. Sekda Jon Edwar meminta agar para nakes untuk selalu meningkatkan kedisiplinannya dalam menjalankan tugas-tugasnya dibidang kesehatan dan pelayanan terhadap masyarakat. "Kunci keberhasilan dalam melaksanakan program kerja adalah disiplin terhadap tugas dan tanggungjawab sebagai nakes. Dengan demikian, kita akan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan prima terhadap masyarakat," tegas Plt. Sekda Jon Edwar.

Dihadapan para nakes Plt. Sekda Jon Edwar juga menyampaikan bahwa Pemkab Pesibar hingga kini terus berupaya meningkatkan infrastruktur, mutu, dan kualitas kesehatan di Pesibar. "Tentunya hal itu akan terwujud jika dibarengi dengan upaya yang sama dari para nakes dengan disiplin kerja dan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat," pungkas Plt. Jon Edwar.

Sementara Plt. Kepala Dinkes Suryadi menyampaikan, kegiatan tersebut dalam rangka membahas capaian kerja sepanjang Tahun 2023, sekaligus evaluasi hal-hal yang menjadi kendala dalam upaya pelaksanaan program kerja di tahun tersebut. "Capaian kerja dan kendala tersebut menjadi salah satu dasar Dinkes dalam menyusun program kerja dan target di Tahun Anggaran 2024," jelas Plt. Kepala Dinkes Suryadi.

Plt. Kepala Dinkes Suryadi mengimbau jajarannya hingga di tingkat puskesmas untuk dapat meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan tugas dan memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat. "Penting untuk menjadi perhatian bahwa peningkatan capaian program harus dibarengi dengan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang maksimal," tegas Plt. Kepala Dinkes Suryadi.

Ditandaskannya, beberapa program yang perlu ditingkatkan diantaranya peningkatan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan, pencegahan pengendalian penyakit, promosi kesehatan, kesehatan ibu dan anak, kesehatan lingkungan, serta penguatan pada upaya kesehatan masyarakat. "Mari bersama-sama kita sukseskan berbagai upaya dan program Pemkab Pesibar dibidang kesehatan dengan memberikan kemampuan terbaiknya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, agar apa yang menjadi target di Tahun 2024 bisa tercapai dengan memuaskan," tukas Plt. Kepala Dinkes Suryadi.