Krui -

ASISTEN II ZUKRI AMIN HADIRI HLM RAKOR TPID PESISIR BARAT

PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pemkab Pesibar, Drs. Zukri Amin, M.P., pimpin kegiatan High Level Meeting (HLM) Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, di ruang rapat Bupati, Lantai 4 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Senin (4/3/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi, S.Pd., M.M., para Kabag, dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar.

Asisten II Zukri Amin mengatakan rakor TPID guna menjaga laju inflasi yang rendah dan stabil dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah sebagai prasyarat pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Sehingga perlu dilakukan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan pengendalian inflasi untuk mencapai sasaran inflasi yang ditetapkan pemerintah yaitu 2,5 + 1 persen," ujar Asisten II Zukri Amin.

Asisten II Zukri Amin menjelaskan bahwa empat faktor utama yang menentukan inflasi yaitu 4K, diantaranya Ketersediaan pasokan, Keterjangkauan harga, Kelancaran distribusi, Komunikasi efektif. "4K inilah yang perlu menjadi perhatian serius bersama dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini," ungkap Asisten II Zukri Amin.

Masih kata Asisten II Zukri Amin, pemerintah telah merumuskan enam upaya konkrit pengendalian inflasi yakni operasi pasar murah, Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasar, kerjasama dengan daerah penghasil, gerakan menanam, bantuan transportasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan merealisasikan Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk inflasi.

"Langkah dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini 1445 hijriah dalam rangka memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga bahan pangan adalah dengan melakukan sidak ke pasar, sehingga masyarakat dapat melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan baik," pungkas Asisten II Zukri Amin.