Krui,

Pj. Bupati Pesisir Barat Bambang Sumbogo, S.E., MM yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Rizwar SKM., MSi. Menghadiri Sekaligus Membuka Acara Bimbingan Teknis Aplikasi Sosial Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) Bagi Operator SIKS-NG Pekon/Kelurahan Se-kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021.

Krui, Rabu 07 April 2021

Diinformasikan hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Rizwar SKM., M.Si, Kepala Dinas Sosial Agus Triyadi, S.IP.,MM, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana di Lingkungan Kabupaten Pesisir Barat serta Peserta Bimtek.

Dalam sambutan Pj. Bupati Pesisir Barat Bambang Sumbogo, S.E., MM yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Rizwar SKM., MSi. Mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia penyelenggara serta Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat dan semua yang terlibat atas terselenggaranya acara ini.

 

sesuai dengan peraturan menteri sosial nomor 5 tahun 2019 tentang pengelolaan data terpadu adalah kegiatan sistematis dalam pengaturan, penyimpanan dan pemeliharaan data yang mencakup pendataan, verifikasi dan validasi, dan penetapan data yang diperlukan untuk memastikan aksesibilitas, kehandalan, ketepatan waktu, dan akuntabilitas data dalam penggunaanya.

bimbingan teknis aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) adalah sebuah pelatihan yang ditujukan bagi operator pekon dan kelurahan dalam rangka pengelolaan data terpadu kesejahteraan sosial ditingkat pekon dan kelurahan sehingga mendapatkan data yang valid, akuntabel dan berkelanjutan.

Dengan adanya kegiatan ini, semoga kita semua yang hadir pada acara ini dapat lebih paham dalam pemanfaatan data terpadu kesejahteraan sosial dalam penanganan fakir miskin dan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (ppks) .

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan bimbingan teknis dan pelatihan terhadap seluruh operator desa/kelurahan dalam kegiatan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial. kemudian hasil yang dicapai dari kegiatan adalah masing-masing desa/kelurahan memiliki operator aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) yang aktif dan cakap dalam entry data, serta mempermudah desa/kelurahan dalam pelaksanaan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial Agus Triyadi, S.IP.,MM menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti Bimtek ini yaitu 116 Operator Pekon se-Kabupaten Pesisir Barat dan 2 Operator Kelurahan se- Kabupaten Pesisir Barat. Bimtek ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu dimulai hari Rabu 07 April 2021 sampai Jum'at 09 April 2021. Peserta Bimtek ini dibagi menjadi dua wilayah yaitu Utara dan Selatan. Bimtek zona Utara dilaksanakan hari Rabu 07 April 2021 sebanyak 61 Peserta, zona selatan dilaksanakan hari Kamis 08 April 2021 sebanyak 57 peserta.

Kemudian puncaknya yaitu hari Jum'at acara Bimtek ini akan menghadirkan narasumber dari Pusat Data dan Informasi dari Kementerian Sosial RI dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Generasi Selanjutnya (SIKS-NG) dalam pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di tingkat Pekon dan Kelurahan. Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) menjadi acuan dasar dalam pelayanan kesejahteraan sosial bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraa Sosial (PPKS) termasuk Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu. Dalam hal ini saya mengajak kepada kita semua untuk dapat masuk dalam pengelolaan Data Terpadu.