Krui,
Menu

Sosialisasi Program PAMSIMAS III Pesisir Barat T.A. 2020Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2020 di Gedung wanita, 29 Agustus 2019.

Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H diwakili oleh Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, S.P., M.H Menghadiri Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko,SKM.,MM Menginformasikan turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Lampung, Narasumber dari Koordinator Provinsi Program PAMSIMAS III ROMS 6 dan dari tenaga ahli Local Goverment Specialist (LGS) ROMS 6 Provinsi Lampung, Camat, kepala Puskesmas se-Kabupaten Pesisir Barat, Peratin se-Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutan Bupati Kabupaten Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H yang disampaikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat Barat Erlina, S.P., M.H mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para narasumber yang telah berkenan hadir pada acara Sosialisasi Kabupaten Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Kabupaten Pesisir Barat, di Bumi Para Sai Batin dan Para Ulama.

Selanjutnya ucapan terima kasih juga kepada seluruh peserta yang telah bersedia hadir untuk mengikuti acara sosialisasi. Ikutilah acara dengan sungguh-sungguh supaya dapat memahami dengan baik serta mengerti apa yang disampaikan oleh para narasumber, dan diharapkan nantinya para peserta dapat membantu mewujudkan masyarakat madani menuju Kabupaten Pesisir Barat yang sejahtera berlandaskan Iman dan Taqwa.

Kemudian, dalam rangka pencapaian akses 100% air minum layak, 0% hunian kumuh (tidak layak) dan 100% sanitasi layak pada ahir 2019 mendatang. Atau lebih populer disebut Universal Access (100, 0, 100). Artinya, sampai dengan ahir tahun tersebut setiap masyarakat Indonesia secara umum dan pada khususnya Kabupaten Pesisir Barat sudah memiliki akses terhadap sumber air munum aman dan fasilitas sanitasi layak serta memiliki kawasan pemukiman dan rumah yang tidak kumuh.

Secara Nasional program PAMSIMAS sudah dilaksanakan pada tahap III dan saat ini Kabupaten Pesisir Barat pada tahun 2019 melaksanakan sosislisasi Kabupaten untuk pemberitahuan dan penjaringan minat masyarakat terkait program PAMSIMAS tahun 2020.

Dan selanjutnya, hal ini juga didasarkan kepada Peraturan Presiden Nomor 185 tahun 2014 tentang percepatan akses sanitasi dan air minum, yang mengamanatkan bahwa seluruh pemerintah baik pemerintah Pusat ataupun Daerah waib menyelaraskan program dan kegiatan untuk percepatan pencapaian target Universal Access 2019.

Kabupaten Pesisir Barat pada tahun anggaran 2019 ini di tetapkan sebanyak 20 Pekon sasaran dengan rincian 16 Pekon sasaran sumber dari pembiayaan dari APBN dan 4 Pekon sasaran bersumber dari pembiayaan APBD. Kemudian ditahun anggaran 2020 nanti Kabupaten Pesisir Barat akan mengusulkan ke Kementerian PUPR sebayak 20 pekon sasaran.