Krui,
Menu

Pencanangan Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan)
Kabupaten Pesisir Barat tahun 2019 di Gedung wanita, Kamis 5 September 2019

Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Hi.Agus Istiqlal,SH.,MH di Dampingi Oleh Ketua TP-PKK Hj. Septi Istiqlal Menghadiri sekaligus membuka Pencanangan Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan)
Kabupaten Pesisir Barat tahun 2019

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tedi Zadmiko,SKM.,MM Menginformasikan Hadir Dalam acara tersebut,
Anggota Forkopimda Kabupaten Pesisir Barat dan Kabupaten Lampung Barat;
Ibu Ketua TP-PKK dan Ibu Ketua dharma wanita persatuan Kabupaten Pesisir Barat beserta jajaran,
saudara penjabat Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator di lingkungan pemerintah Kabupaten Pesisir Barat,
TP-PKK Kecamatan beserta jajaran.

Dalan sambutan Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH menjelaskan bahwa kegiatan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan kegiatan yang diadakan dalam bentuk intensifikasi lintas sektor dibidang pemberdayaan keluarga, KB dan kesehatan melalui kegiatan kesatuan PKK-KKBPK-Kesehatan. Dengan dukungan keterpaduan lintas sektor, kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.
Selanjutnya, kegiatan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan. diharapkan dapat meningkatkan peran serta pria dalam rangka keadilan dan kesetaraan gender di masyarakat serta lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dapat meringankan beban keluarga mereka dalam mendapatkan pelayanan KB dan kesehatan, sesuai prioritas masalah yang ada dengan memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah.


Selanjutnya Bupati mengharapkan kepada seluruh Camat untuk dapat mengkoordinir kegiatan Kesrak di tingkat Kecamatan di 116 Pekon dan 2 Kelurahan yang ada di Kabupaten Pesisir Barat ini. Pembinaan di semua Pekon oleh para Camat melibatkan unsur yang terkait di tingkat Kecamatan seperti kepala Puskesmas dan jajaran, petugas penyuluh Pertanian, petugas penyuluh Keluarga Berencana, Kader Kesehatan, Kader KB, dengan leading sektor Ketua TP PKK Kecamatan.
Fokus pelaksanaan Kesrak PKK-KB-Kesehatan tahun 2019 dipusatkan di pekon Balam. Pekon ini memiliki beberapa potensi yang perlu digali dan dibina secara intensif untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat pada umumnya.


Bupati juga mengharapkan saudara Peratin Balam dan Ketua TP PKK Balam serta saudara camat agar berusaha keras untuk mengadakan pembinaan masyarakat dengan turun langsung kelapangan bersama Kader PKK, Kader Kesehatan, Pekerja Sosial, serta bersama pihak lain yang terkait dalam hal peningkatan usaha industri kerakyatan, pengelolaan pekon Balam sebagai pekon Wisata, peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan kesehatan lingkungan serta upaya lain yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.


Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat, kepada seluruh OPD agar lebih meningkatkan kinerja program yang meningkatkan daya ungkit taraf hidup keluarga. Tingkatkan koordinasi dan kerjasama lintas OPD sehingga terjadi keterkaitan antar program dan kesinambungan antar program serta berjalan dengan terencana.
Dukungan dan kerja sama kepada Perwira penghubung Kabupaten Pesisir Barat, Kodim Lampung Barat dan Polres Lampung Barat dan para Kapolsek se-Kabupaten Pesisir Barat beserta jajaran di tingkat Pekon untuk dapat bergabung bahu membahu dalam kegiatan kesatuan gerak PKK–KB-Kesehatan ini.