Krui,
Menu

Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Ranperda Usul Kepala Daerah dan Tanggapan Pemerintah Atas Ranperda Inisiatif DPRD Pesisir Barat Tahun 2019Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi Terhadap RANPERDA Usul Kepala Daerah dan Tanggapan Pemerintah Atas RANPERDA Inisiatif DPRD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2019 bertempat di gedung wanita,Selasa 3 Juli 2019.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko, S.Km., MM Menginformasikan bahwa dalam acara Rapat Paripurna Tersebut dihadiri Bupati Pesisir Barat DR.Drs.H. Agus Istiqlal,SH.,MH, Sekda Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusumu,MP, Asisten dan Staf Ahli, Wakil Ketua DPRD Kabuten Pesisir Barat, Unsur Forkopimda Kabupaten Pesisir Barat-Lampung Barat, Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator dan Tim Ahli DPRD.

Dalam sambutan Bupati Pesisir Barat menyampaikan, bahwa dengan dirumuskannya kawasan tanpa rokok tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk melindungi hak asasi manusia dalam penanganan kesehatan preventif warga negaranya terutama yang berkaitan pelaksanaan pasal 28 h ayat (1) uud 1945, undang-undang kesehatan juga mengamanatkan pelaksanaan kawasan tanpa rokok sebagai jaminan tersedianya lingkungan hidup yang baik dan sehat kepada masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat berharap dengan terbentuknya peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten Pesisir Barat terhadap kesehatan dirinya, orang lain dan lingkungan disekitarnya serta mengendalikan kebiasaan merokok di masyarakat. Dalam melaksanakan ketentuan pasal 115 ayat (2) undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan juncto pasal 52 peraturan pemerintah nomor 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan, maka pemerintah Kabupaten Pesisir Barat wajib menetapkan peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok.

Bupati Pesisir Barat menyambut baik atas Apresiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pesisir Barat yang telah peduli dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Pesisir Barat mengenai rancangan peraturan daerah Kabupaten Pesisir Barat tentang kawasan tanpa rokok. dalam upaya untuk mewujudkan hak atas lingkungan yang sehat tidak lepas dari fungsi pemerintah tentunya untuk melindungi masyarakatnya.
rapat paripurna Dewan Yang terhormat, semoga proses pembuatan peraturan daerah ini dapat berjalan dengan lancar demi mewujudkan kemajuan Kabupaten Pesisir Barat sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat.