Krui,
Menu

Bupati Pesisir Barat DR.Drs.H.Agus Istiqlal,SH.,MH Menghadiri Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah / Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Pesisir Barat Masa Jabatan Tahun 2019 - 2024 di Gedung Serbaguna Selalaw, Rabu 02 Oktober 2019.

Kepala Dinas Informatika Tedi Zadmiko, SKM.,MM Menginformasikan Turut hadir dalam rapat paripurna tersebut, Wakil Bupati Erlina,SP.,MH, Asisten, Staf Ahli, Ketua DPRD, Wakil Ketua l DPRD, Wakil Ketua ll DPRD, Kacabjari Krui, Danramil Pesisir Tengah,para Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Anggota dewan perwakilan rakyat (DPRD) Kabupaten Pesisir Barat beserta keluarga DPRD.

Prosesi diawali menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan surat masuk oleh Sekretaris Dewan yang menyampaikan bahwa Rapat Paripurna ini dihadiri oleh seluruh Anggota DPRD Pesisir Barat serta dilanjutkan dengan pembacaan SK Gubernur Lampung Nomor : G/669/B.01/HK/2019 Tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Pesisir Barat masa jabatan 2019-2024,
dimana diputuskan sdr Nazrul Arif sebagai Ketua dari Partai Nasdem, sdr Piddinuri SH sebagai Wakil Ketua I dari Partai PDIP, Ali Yudiem SH sebagai Wakil Ketua II dari Partai PKB.
Selanjutnya prosesi inti pengambilan sumpah yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Liwa, Lampung Barat Yuliartha Pujayotama.


Dalam sambutan Bupati Pesisir Barat Dr.Drs. Hi.Agus Istiqlal,SH.,MH menyampaikan atas nama pribadi, keluarga, dan pemerintah Kabupaten Pesisir Barat saya mengucapkan selamat kepada Ketua, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pesisir Barat yang baru saja melaksanakan pengucapan sumpah/janji saudara-saudara selaku pimpinan pada lembaga Legislatif ini, sehingga saudara-saudara akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih besar dalam rangka mengemban amanat rakyat yang telah memilih dan menghantarkan saudara-saudara sekalian untuk menjadi penyambung amanah yang harus dipegang teguh dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat selaku konstituen dari seluruh anggota dewan yang terhormat dapat dilaksanakan, sehingga apa yang telah dijanjikan pada masa kempaye akan bisa terpenuhi.

selanjutnya, selaku kepala daerah beserta jajaran dan juga mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat mengharapkan kepada pimpinan DPRD yang baru untuk bisa bersama-sama menjaga situasi dan kondisi di Kabupaten Pesisir Barat agar tetap selalu kondusif. tetap menjaga integritas dan mengedepankan kepentingan masyarakat serta memiliki sikap yang profesional dalam mengemban tugas kesehariannya demi mewujudkan Pesisir Barat lebih maju kedepannya. untuk itu Bupati berharap agar pimpinan DPRD memiliki jiwa merakyat dan bersikap rendah hati, memiliki niat yang tulus serta hati yang ikhlas dalam mengemban amanah rakyat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati berharap kepada pimpinan perlu mendalami nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan undang-undang dasar (UUD) 1945 serta menjaga etika norma-norma yang berlaku sehingga dapat mengutamakan kepentingan masyarakat banyak dari pada kepentingan pribadi.
selain itu pimpinan DPRD tentunya mempunyai tugas dan kewenangan yang sangat besar dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, termasuk kinerja dari seluruh anggota DPRD itu sendiri.

pengawasan pimpinan DPRD terhadap pelayanan publik merupakan pengawasan eksternal, yang fungsinya untuk memastikan bahwa pelayanan publik di daerah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan manfaatnya sampai ke masyarakat. fungsi pengawasan oleh pimpinan DPRD akan meningkatkan kualitas fungsi legislasi, fungsi anggaran maupun fungsi representasi dan usulan perubahan peraturan maupun pembuatan peraturan yang baru di daerah akan jauh lebih baik apabila didasarkan pada hasil indentifikasi terhadap kondisi riil penyelenggaraan pelayanan publik. berkaitan dengan hal tersebut maka peranan pimpinan DPRD menjadi penting dan strategis oleh karennya pemerintah daerah menyambut baik atas telah terbentuknya pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pesisir Barat, sebab dalam konteks penyelanggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah pimpinan DPRD merupakan jembatan penghubung antara pemerintah daerah dengan DPRD melalui mekanisme konsultasi. hal ini selaras dengan prinsip dasar dalam hubungan kerja antara kami selaku kepala daerah dengan DPRD.