Krui,

Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tidak lagi dalam bentuk barang, yang mana dalam penyaluran sebelumnya melalui e-warong. Namun mulai tahun 2022 penyaluran bansos sembako dalam bentuk uang tunai dan penyalurannya melalui kantor pos terdekat di wilayah masing-masing.

Perubahan jenis bantuan sembako dari sebelumnya berupa bahan pangan menjadi uang tunai tentunya berdasarkan evaluasi dari pihak Kementerian Sosial (Kemensos) RI di sejumlah daerah, termasuk diantaranya di Kabupaten Pesisir Barat.

Atas dasar evaluasi tersebut, Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggandeng PT. Pos Indonesia dalam penyaluran sembako secara tunai. Sehingga bagi masyarakat penerima manfaat (KPM) bisa langsung membelanjakan sesuai barang yang dibutuhkannya.

Di Kabupaten Pesisir Barat, PT. Pos Indonesia Cabang Kota Bumi di Krui, pada termin pertama menyalurkan sembako tunai pada 7.175 KPM yang terbagi di sebelas kecamatan.
Untuk penyaluran bantuan sembako yang akan dipercepat tersebut yakni untuk bulan Januari, Februari dan Maret. Penyalurannya akan dilakukan di bulan Februari ini, dan akan diumumkan oleh pihak PT. Pos Indonesia kapan penyaluran dilakukan.

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat, Rena Novasari, S.H., M.M., mengatakan, dalam penyaluran ditahun 2022 secara serentak melalui PT. Pos Indonesia. “Ini sudah intruksi dari Kemensos,” Jadi untuk lebih detailnya mekanisme penyaluran sembako tunai bisa langsung ke Kantor Pos,” terangnya, Kamis (24/2/2022). Ditambahkan Rena, untuk proses penyaluran pihaknya mensupport penuh pada Kantor Pos. “Kami mensupport semua kegiatan Kantor Pos dalam penyaluran sembako tunai ini” tandasnya.

Masih sambung Rena, PT. Pos Indonesia hanya sebatas menyalurkan saja, sementara untuk data KPM itu langsung dari Kemensos dan dalam penyaluran saat ini langsung tiga bulan, bulan Januari, Februari dan Maret dengan total Rp. 600.000,-” Bagi KPM yang belum terdaftar atau belum sempat mengambil, tambah Rena, nanti bisa diambil pada termin ke dua maupun ke tiga, terang Kabid Pemberdayaan Sosial.

Disinggung peranan Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat dalam pembagian sembako tunai, Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat cukup aktif dalam mensupport kegiatan tersebut. Mulai dari tenaga yang diterjunkan ke lokasi penyaluran hingga pemberitahuan atau informasi ketingkat kelurahan.

Selain itu Wakil Bupati Pesisir Barat menghimbau pada KPM yang akan mengambil bansos agar mentaati jadwal dan lokasi yang telah ditentukan petugas, selain itu juga mentaati protokol kesehatan. “Karena saat ini dimasa pandemi covid19, maka dari itu kami menghimbau pada KPM yang akan mengambil bansos, maka harus mentaati ketentuan yang telah ditetapkan oleh petugas,” imbaunya.

INFO REDAKSI