Krui,

Lansia terlantar di Atarpuan Pekon Tulung Bamban diserahkan ke Panti Tresna WerdhaBerdasarkan laporan Pemerintah Pekon Tulung Bamban pada tanggal 31 Juni 2020 telah ditemukan satu orang lansia laki - laki terkapar dan terlantar di tengah hutan pada Antarpuan Pekon Tulung Bamban Kecamatan Pesisir Selatan dalam keadaan tidak sehat dan tidak berdaya.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat yang dipimpin langsung oleh Ahmadi selaku Kabid Rehabilitasi Sosial telah melaksanakan pengecekan terhadap lansia terlantar tersebut. Dari hasil pengecekan dilokasi bahwa Lansia tersebut ditemukan dalam keadaan tidak sehat, tidak memiliki Identitas serta sulit diajak berkomunikasi.

Selain itu, menurut keterangan aparat pekon bahwa mereka bersama masyarakat telah mengambil tindakan langsung dengan mengevakuasi serta mengamankan lansia tersebut di Balai Pekon Tulung Bamban.

Adapun kronologi dan langkah - langkah strategis yang telah dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat bersama Aparat Pemerintah Pekon Tulung Bamban yaitu sebagai berikut :

  1. Mengevakuasi dan memberikan pertolongan pengobatan terhadap lansia tersebut
  2. Demi kelancaran pelayanan administrasi kesehatan, Pemerintah Pekon Tulang Bamban telah membuat Identitas berupa kartu keluarga atas nama Tijot
  3. Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat melalui Bidang Rehabilitasi Sosial melaksanakan koordinasi kepada Dinas Sosial Provinsi Lampung melalui Tenaga Profesional Lansia bahwa yang bersangkutan akan dikirim dan diserahkan kepada Dinas Sosial Provinsi Lampung.
  4. Pada tanggal 13 Juli Tahun 2020, Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat bersama Pemerintah Pekon Tulung Bamban telah mengirimkan dan menyerahkan lansia tersebut kepada Dinas Sosial Propinsi Lampung yang kemudian diserahkan ke Panti Tresna Werdha.

INFO REDAKSI

Dirgahayu 75 Tahun Republik Indonesia