Plh. Bupati Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, MP Selaku Ketua Tim Satgas Covid-19 mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Provinsi Lampung melalui video conference.

Or Batu Gughi Setdakab Pesisir Barat, Jum'at 19 Maret 2021.

Turut Serta Dalam Rapat tersebut, Kepala Pelaksana BPBD sekaligus Sekretaris Satgas Covid-19 Syaifullah, S.Pi., Sekretaris Dinas kesehatan Rahmad, Plt Kadis Kominfo Drs. Miswandi Hasan, M.Si, Perwakilan Dari BPKAD Hendra. 

Dalam Sambutan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjelaskan tentang kasus Covid-19 di provinsi lampung.

Kasus konfirmasi Covid-19 pertama di Provinsi Lampung dipublikasikan pada tanggal 18 Maret 2020, sehingga sudah Satu Tahun pandemi Covid-19 ini berlangsung hingga saat ini.

Situasi pandemi Covid-19 sampai saat ini bila dilihat dari jumlah kasus baru konfirmasi Covid-19 dalam satu bulan terakhir telah ada penurunan kasus leih dari 50%.

Penaganan Covid-19 ini merupakan Pembelajaran dan hal yang baru bagi Provinsi Lampung dan mungkin bagi seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

Provinsi Lampung dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19 juga masih banyak ditemukan kendala dan hambatan baik dari sarana dan prasarana, sumber daya manusia (SDM) dan lainya.

namun demikian Pemerintah Provinsi Lampung dan segenap pihak terkait akan terus bersinergi guna mengoptimalkan penanganan Covid-19 di Provinsi Lampung.

adapun kendalanya masyarakat yang belum kooperatif, adanya stigma di masyarakat ketidak percayaan masyarakat dengan adanya Covid-19, selain itu juga ada keterbatasan jumlah dan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Provinsi Lampung sampai saat ini telah menerima vaksin dari Pusat sebanyak 74.160, untuk vaksin tenaga kesehatan dan untuk tenaga pelayanan publik dan lansia telah diterima 33.660, sehingga total vaksin yang diterima single dose dan multi dose sebanyak 410.760 dosis.

Sehingga Propinsi Lampung masih kekurangan dosis vaksin sebanyak 11.706.838 dosis, melihat situasi ini Provinsi Lampung telah bersurat kepada Menteri Koordinator Perekonomian selaku Ketua KPC-PEN terkait kekurangan vaksin.

Peran Pemerintah Propinsi Lampung dalam penanganan Covid-19, yakni melakukan testing, tracing, treatment, isolasi dan karantina.

View the embedded image gallery online at:
https://pesisirbaratkab.go.id/berita/plh-bupati-pesisir-barat-ir-n-lingga-kusuma-mp-selaku-ketua-tim-satgas-covid-19-mengikuti-rapat-koordinasi-penanganan-covid-19-di-provinsi-lampung-melalui-video-conference?tmpl=component&print=1&layout=default#sigProId6b31fb15ab