PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING MELALUI RAPAT KOORDINASI BERSAMA OPD TERKAIT

Krui, Kamis 06 Oktober 2022

Kadis Kominfotik dan Persandian Kabupaten Pesisir Barat Suryadi, S.IP.,MM menginformasikan bahwa TP PKK Kabupaten Pesisir Barat menggelar Rapat Penurunan Stunting yang bertempat di Ruang Rapat Sekdakab Kecamatan Pesisir Tengah.

Rapat tersebut dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Zukri Amin, M.P. didampingi TP PKK Pesisir Barat Septi Agus Istiqlal dan dihadiri anggota TP PKK Pesisir Barat dan OPD terkait.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan dalam pengantarnya, Stunting adalah kondisi kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek pada balita. Anak yang mengalami stunting akan terlihat pada saat menginjak usia 2 tahun. Seorang anak dikatakan mengalami stunting apabila tinggi badan dan panjang tubuhnya minus 2 dari standar Multicentre Growth Reference Study atau standar deviasi median standar pertumbuhan anak dari WHO.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Pesisir Barat Septi Agus Istiqlal menyampaikan, ada 3 Kecamatan yang masih tinggi dalam kasus stunting yaitu Kecamatan Ngaras, Kecamatan Ngambur, Kecamatan Karya Penggawa dan itulah bagaimana kita menyusun perencanaan baik itu kegiatannya, penganggarannya kemudian pengawasan serta pengendalian agar semua kegiatan yang ada dapat tepat mengarah ke penurunan angka stunting karena hal ini tidak bisa dikerjakan oleh satu OPD saja tapi harus bersama sama kita memusatkan kegiatan.

Ada Beberapa objek yang harus kita jadikan focus yaitu Pencegahan pernikahan dini guna mengurangi angka keturunan stunting, Pencegahan stunting dengan memaksimalkan pola asuh anak dalam keluarga, Pengoptimalan peran kader BKB Pekon dalam usaha pencegahan dan penanganan stunting dipekon, Pemanfaatan petunjuk pengolahan kelor yang tepat sebagai bahan pangan sederhana dan murah dalam usaha pencegahan stunting, Penambahan pengetahuan tentang stunting, Usaha peningkatan gizi. "Ucapnya"

"Tujuan pertemuan ini adalah untuk menguatkan sinergi dan kepedulian tim percepatan penurunan stunting dalam rangka koordinasi dan evaluasi terhadap stunting kompetensi yang dilaksanakan oleh OPD terkait baik secara serentak, terprogram maupun lintas sektor"Jelasnya.

Ketua TP PKK Pesisir Barat berharap, Semoga dengan adanya kegiatan ini semakin memupuk serta menguatkan semangat sebagai tim penurunan stunting sehingga bisa menurunkan stunting di Kabupaten Pesisir Barat sehingga bisa menghasilkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani serta bisa bermanfaat bagi masyarakat.

View the embedded image gallery online at:
https://pesisirbaratkab.go.id/berita/percepatan-penurunan-stunting-melalui-rapat-koordinasi-bersama-opd-terkait?tmpl=component&print=1&layout=default#sigProId898e5b7f0b