PemKab Pesisir Barat Mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-76 di Istana Merdeka Jakarta Melalui Zoom Meeting.

Ruang Cukuh Tangkil, 17 Agustus 2021

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H, Forkopimda Lampung Barat dan Pesisir Barat, serta pejabat lainnya.

Sama dengan tahun lalu, upacara pada tahun ini dilakukan secara terbatas dan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Pada tahun ini, upacara dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan. Hal tersebut dilakukan untuk lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat karena pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air. 

Kali ini Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengenakan pakaian adat Lampung berupa setelan berwarna putih dipadukan sarung tumpal dan kain berwarna merah emas.

Presiden RI juga didampingi ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu, upacara juga dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta ibu wakil presiden Wury Ma'ruf Amin.

Dalam upacara tersebut Presiden RI RI Ir. H. Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Ketua DPR RI Dr. (HC) Puan Maharani sebagai pembaca Proklamasi, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas sebagai pembaca Do'a.

Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Kolonel Putu adalah pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977. Merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.

Sementara itu, sebagai pembawa baki adalah Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Ardelia, kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, saat ini menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan.

Anggota lainnya adalah dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung. 

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja. Saat ini pria lulusan Akademi Militer tahun 2012 tersebut bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021 dengan tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" Acara ini diikuti oleh seluruh Provinsi, Kab/Kota se-Indonesia secara virtual.

View the embedded image gallery online at:
https://pesisirbaratkab.go.id/berita/pemkab-pesisir-barat-mengikuti-upacara-peringatan-detik-detik-proklamasi-hut-ke-76-di-istana-merdeka-jakarta-melalui-zoom-meeting?tmpl=component&print=1&layout=default#sigProId6715dac26a