Krui -

Pemkab Pesisir Barat Laksanakan Skrining Faktor Risiko PTM Dalam Rangka HHS Tahun 2023

Krui, Senin 15 Mei 2023

Kadis Kominfotiksan Kabupaten Pesisir Barat Suryadi, S.IP., M.M. menginformasikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat Pemkab Pesisir Barat melaksanakan Skrining Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) Dalam Rangka Hari Hipertensi Sedunia (HHS) Tahun 2023.

Kegiatan Skrining Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) Dalam Rangka Hari Hipertensi Sedunia (HHS) Tahun 2023 yang diikuti langsung oleh Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal S.H., M.H, Plt. Sekda Pesisir Barat, Drs. Jon Edwar., M.Pd, dan Para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Melalui Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 400.7.10/1458/IV.02/2023 Tanggal 10 Mei 2023 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Skrining Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular di Organisasi Perangkat Daerah pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat , Peringatan HHS Tahun 2023 mengusung tema “Cegah dan Kendalikan Hipertensi untuk Hidup Sehat Lebih Lama”.

Hari Hipertensi Sedunia (HHS) 2023 yang juga disebut World Hypertension Day diperingati setiap 17 Mei 2023, untuk mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya mengetahui faktor risiko, gejala, dan cara mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Setiap tahunnya, peringatan HHS memiliki Tema yang berbeda. 

Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak disandang masyarakat. Hipertensi adalah kondisi tekanan darah yang tinggi terhadap dinding arteri dan merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Hipertensi juga merupakan salah satu penyebab kematian dini di dunia.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Dinas Kesehatan Tedi Zadmiko, SKM., S.H., M.M. mengatakan bahwa dalam Peringatan HHS Tahun 2023 di Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan kegiatan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM), sejak 15-22 Mei pekan depan ditingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pesisir Barat, akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 17 Mei 2023 di seluruh Wilayah Pesisir Barat oleh 11 Puskesmas yang tersebar di 11 Kecamatan. 

"Pelaksanaan skrining Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, dan pemeriksaan antropometri berat badan dan lingkar perut," ungkap Kadis Kesehatan

"Dalam kegiatan itu juga akan dilaksanakan penyuluhan kesehatan tentang Hipertensi", tambah Kadis Kesehatan

Sementara itu Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal S.H., M.H. yang mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, mengapresiasikan kegiatan yang diinisiatori oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat.

"Kedepannya agar kegiatan skrining faktor risiko PTM dapat lebih ditingkatkan pada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat, tegas Bupati

"Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Keshatan Pesisir Barat, pada hari pertama kegiatan tersebut dari 188 orang dilakukan skrining faktor risiko PTM, ditemukan sebanyak 23 orang yang menderita Hipertensi yang berasal dari sembilan OPD", ungkap Bupati

"Melalui peringatan HHS Tahun 2023, dapat memperkuat jejaring dan kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam upaya pencegahan dan pengendalian hipertensi melalui dukungan Pemerintah, fasilitas pelayanan kesehatan, instansi, dan organisasi kemasyarakatan terkait sekaligus memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat dalam mencegah dan mengendalikan hipertensi agar terkontrol untuk menurunkan risiko kesakitan dan kematian akibat hipertensi", tambah Bupati