MUSABAQAH TILAWATIL QUR'AN (MTQ) TINGKAT KABUPATEN PESISIR BARAT KE - VII TAHUN 2020

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Pesisir Barat Tedi Zadmiko,SKM.,MM menginformasikan bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Pesisir Barat ke VII ini diawali dengan pawai ta'aruf yang diikuti oleh puluhan kendaraan hias bernuansa islami dengan rute terminal Way Batu menuju Lapangan Merdeka Labuhan Jukung Krui pada pukul 14.00 s.d selesai, dilanjutkan dengan malam pembukaan pada hari yang sama pada pukul 20.00 wib s.d selesai. Selain Bupati Pesisir Barat, turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pesisir Barat, Ketua, Wakil ketua dan anggota DPRD Kabupaten Pesisir Barat, unsur Forkopimda Pesisir Barat-Lampung Barat,
Sekretaris Daerah sekaligus Ketua LPTQ Pesisir Barat, beserta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Barat, Camat dan para Peratin.

Ketua pelaksana Ir. N Lingga Kusuma,MP dalam laporannya melaporkan bahwa kegiatan MTQ ini dilaksanakan di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung dilaksanakan selama 6 hari dari tanggal 03 s.d 08 Maret 2020 dengan tema Melaui MTQ yang ke 7 Kabupaten Pesisir Barat kita tingkatkan pemahaman nilai-nilai Al-Qur'an menuju Pesisir Barat yang Madani,mandiri dan sejahtera. Selanjutnya disampaikan pula bahwa MTQ yang ke 7 Kabupaten Pesisir Barat diikuti oleh 365 peserta dari 11 kecamatan.

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat DR. Drs. H. Agus Istiqlal, SH.,MH menyampaikan pada kesempatan yang baik ini Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat di kabupaten pesisir barat agar MTQ ke-VII ini benar-benar dijadikan filter penyaring berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tak selaras dengan kandungan al-qur’an mari kita jadikan MTQ ke-VII ini pondasi untuk menjadikan masyarakat terutama generasi muda, untuk senantiasa melakukan perubahan ke arah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi penerus daerah dan bangsa yang Qur’ani.

Melalui kesempatan yang baik ini juga Bupati mengajak seluruh umat islam di kabupaten Pesisir Barat untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan MTQ yang kali ini mengangkat tema ”melalui MTQ yang ke-VII kabupaten pesisir barat kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an menuju masyarakat pesisir barat yang madani, mandiri dan sejahtera”.

Kegiatan MTQ ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dan umat islam di kabupaten Pesisir Barat karena MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga nasional dan internasional tentunya pelaksanaan musabaqah ini tidak hanya sekedar bermakna sebagai syiar islam saja, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau Outcome dari kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di masyarakat yang tersebar di Kabupaten Pesisir Barat.

Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat pesisir barat hingga saat ini.

View the embedded image gallery online at:
https://pesisirbaratkab.go.id/berita/musabaqah-tilawatil-qur-an-mtq-tingkat-kabupaten-pesisir-barat-ke-vii-tahun-2020?tmpl=component&print=1&layout=default#sigProIda016858ddb