Krui,

Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat Hj. Septi Istiqlal Membuka Secara Resmi Acara Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Tahun 2021 Di SD Negeri 117 Krui Pekon Suka Mulya Kec. Lemong.

Jum'at 5 November 2021.

Turut hadir dalam acara tersebut diatas, Wakil Ketua TP-PKK Kab. Pesisir Barat Ny. Yulnawati A. Zulqoini Syarif, Ketua DWP Kab. Pesisir Barat Ny. Farida Miladiya Lingga beserta Anggota dan pengurusnya, Ketua TP-PKK Kec. Lemong Ny. Tuti Adariah beserta anggota dan pengurusnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Audi Marpi, S.Pd., MM, para Kepala OPD Kab. Pesisir Barat ataupun yang mewakilinya, Forkopimda Lampung Barat-Pesisir Barat, Camat Lemong M. Nursin Candra S.Pd,.M.M, para Pratin Se-Kecamatan Lemong, Para Guru, Wali Murid beserta siswa siswi Tingkat Sekolah Dasar, dan masyarakat setempat.

Dalam laporan ketua pelaksana Sekretaris Dinkes Rochmad, S.Sos.,MM menyampaikan cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir merupakan bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang merupakan upaya untuk memberdayakan masyarakat agar sadar, mau dan mampu melakukan perilaku hidup bersih den sehat (PHBS) untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

Adapun tujuannya adalah mendidik masyarakat khusus peserta didik agar sejak dini terbiasa untuk mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir.

Kemudian dilanjutkan sambutan Ketua TP-PKK Kab. Pesisir Barat menyampaikan peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia merupakan sebuah bentuk komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang lebih baik. seiring hal tersebut, Majelis Umum Perserikatan Bangsa- Bangsa pada Tahun 2008 telah menyerukan perlunya peningkatan praktek higiene dan sanitasi diseluruh dunia. sejak saat itulah muncul pula kesadaran untuk mengkampanyekan perlunya cuci tangan pakai sabun, yang ditindak lanjuti dengan penetapan tanggal 15 oktober sebagai “Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia” atau HCTPS.

Kita semua memaklumi tentunya, bahwa masalah kesehatan terutama penyakit menular merupakan masalah yang serius sehingga sangat penting untuk di cegah dan di tanggulangi. hingga saat ini, penyakit infeksi menular seperti diare, dan infeksi saluran pernafasan, serta pandemi Covid-19 yang tengah melanda Bangsa kita saat ini masih mengancam kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian.

kegiatan cuci tangan pakai sabun ini, merupakan program Tahunan TPP-PKK Kabupaten Pesisir Barat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat yang bertemakan “Masa Depan Kita Ditangan Kita, Mari Beraksi Bersama Untuk Membuat CTPS Nyata Bagi Semua” yang diharapkan tidak hanya sebatas seremoni belaka, namun juga akan dapat di jadikan budaya atau gaya hidup sehat.

Melalui momentum peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia (HCTPS) ini, marilah bersama-sama kita mengajak teman-teman, keluarga dan masyarakat di sekitar kita, untuk ikut membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir dalam kehidupan sehari-hari. 

Ketua TP-PKK Kab. Pesisir Barat juga berpesan untuk tetap patuhi protokol kesehatan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, dan Menghindari Kerumunan serta Membatasi Mobilitas), agar kita terhindar dari virus Covid-19.

Di akhir sambutannya, Ketua TP-PKK Kab. Pesisir Barat sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam terselenggaranya acara ini, semoga Allah SWT melindungi dan merestui langkah kita untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. 

Mari bersama menciptakan masyarakat Kabupaten Pesisir Barat yang mandiri untuk hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir budaya kita.