Dinas Kominfo Pesisir Barat melaksanakan Bimtek Website OPDDinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat Mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Website OPD Kabupaten Pesisir Barat di Lab Komputer SMAN 1 Pesisir Tengah, 27-28 Agustus 2019.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko,SKM.,MM pada acara seremonial pembukaan kegiatan dimaksud diatas Menginformasikan bahwa Bimtek tersebut yang merupakan pelatihan bagi admin web yang diadakan DISKOMINFO diikuti Seluruh Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah termasuk Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko,SKM.,MM menyampaikan, Salah satu upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien adalah dengan dibentuknya sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan pelayanan publik pada suatu instansi pemerintah. Tujuan dari penerapan ini yaitu, untuk bisa mewujudkan responsif yang cepat dari pemerintah kepada masyarakat khususnya dibidang layanan informasi. Peranan informasi dan komunikasi dalam mendukung kehidupan masyarakat yang demokratis, transparan dan akuntabilitas khusus dalam era reformasi telah mengubah pengalaman bangsa dan negara.

Kemerdekaan dalam menyatakan pendapat, menyampaikan dan memperoleh informasi dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat dijamin oleh Undang- Undang. Kebebasan berkomunikasi dan memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan ciri penting suatu negara yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat.

Web Portal adalah website yang menjadi pintu gerbang Starting Point sebagai one stop servis bagi pengunjung untuk memulai aktivitasnya di internet yang menyediakan berbagai informasi dan pasilitas bagi pengunjungnya. Kemampuan Web portal yang lebih spesifik adalah menyediakan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan berbagai perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (personal digital assistant) Atau Bahkan telepon genggam. Ketersediaan Web portal Pemerintah merupakan bentuk komitmen dalam layanan informasi bagi masyarakat.

Selanjutnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika juga menyampaikan, pemerintah Kabupaten Pesisir Barat memiliki komitmen tinggi dalam pelayanan informasi kepada masyarakatnya, salah satunya dengan menyediakan sarana informasi online pesisirbaratkab.go.id sebagai domain utama portal dan juga subdomain turunan bagi OPD - OPD di Kabupaten Pesisir Barat.

View the embedded image gallery online at:
https://pesisirbaratkab.go.id/berita/dinas-kominfo-pesisir-barat-melaksanakan-bimtek-website-opd?tmpl=component&print=1&layout=default#sigProIdb51ce2fdd0