Bupati Pesisir Barat di Wakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Hasnul Abrar Sanusi, M.P menghadiri sekaligus membuka secara resmi Musrenbang Tingkat Kecamatan di Kecamatan Pesisir Utara, Kamis, 20 Februari 2020.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Tedi Zadmiko, SKM., SH.,MM menginformasikan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan merupakan Forum antar para pelaku pembangunan di Kecamatan dalam rangka menyusun dokumen RKPD Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021. pelaksanaan Musrenbang ini adalah amanat dari Undang-undang nomor 25 tahun 2004 dan Permendagri nomor 86 tahun 2017.


Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD, Staf Ahli, Unsur Forkopimda,Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Admistrator, Camat Pesisir Utara, Uspika Kecamatan Pesisir Utara, Peratin, LHP , Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Pesisir Utara.

Selanjutnya sambutan Bupati melalui Asisten III bidang Administrasi Umum Ir. Hasnul Abrar Sanusi, M.P. menyampaikan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan ini adalah satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan dari pelaksanaan Musrenbang Pekon yang bertujuan untuk penyusunan RKP Pekon. Hasil rekapitulasi dalam bentuk daftar usulan dari pelaksanaan musrenbang Pekon tersebut harus menjadi dasar dalam pelaksanaan musrenbang ini. Daftar usulan tersebut telah melalui proses verifikasi dari Camat. Daftar usulan harus selaras dengan RPJMD pekon dan RKP pekon.

Ada pun beberapa Rekap prioritas pembangunan di Kecamatan Pesisir Utara yaitu :
1. Pembangunan infrastruktur pelayanan dasar dan konektivitas wilayah
2. Pembangunan Sumberdaya Manusia
3. Pembangunan Ekonomi masyarakat dan potensi unggulan Daerah
4. Reformasi Birokrasi dan pelayanan anak
5. Pengelola Sumberdaya alam dengan prinsip pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan Mitigasi bencana.

Namun demikian, kita menyadari masih terdapat usulan dari musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan pada tahun-tahun sebelumnya yang belum terealisasi hal ini bukan berarti Pemerintah Kabupaten mengabaikan usulan tersebut, namun Pemerintah sebagai pengambil kebijakan harus mampu menyusun sekala prioritas Daerah dari tingkat Pekon, Kecamatam hingga Kabupaten serta dengan tetap memperhatikan kemampuan Fiskal Daerah.

Anggota DPRD dapil IV Ripzon Efendi dari Fraksi PDI-P dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa capaian yang telah diraih Kabupaten Pesisir Barat dibawah kepemimpinan Bupati Definitif beserta seluruh jajaranya cukup memuaskan dan patut mendapatkan Apresiasi mengingat dalam kurun waktu lebih kurang 4 tahun berbagai pencapaian disektor Pelayanan Publik, Ekonomi, dan Kesehatan sudah cukup dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat walaupun harus kita akui tentu masih banyak sektor-sektor lain yang masih perlu perhatian agar segera direalisasikan.


Untuk itu kepada seluruh OPD, Camat, Peratin dan seluruh Masyarakat yang ada di Kabupaten Pesisir Barat diharapkan agar terus saling mendukung dan bekerjasama untuk demi kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Pesisir Barat yang kita cintai.

View the embedded image gallery online at:
https://pesisirbaratkab.go.id/berita/bupati-pesisir-barat-diwakili-asisten-iii-menghadiri-musrenbang-kecamatan-pesisir-utara?tmpl=component&print=1&layout=default#sigProIdf5a86f6af4